gadgetpentingnya pendidikan

Rabu, 05 Desember 2012

Pentingnya Pendidikan Bagi Masa Depan Anak

pentingnya<a href='http://swardik.blogspot.com/'><a href='http://swardik.blogspot.com/'><a href='http://swardik.blogspot.com/'> pendidikan</a></a></a> anak
Info pendidikan - Para orang tua semakin menyadari pentingnya pendidikan bagi anak. Hal ini berkat kesadaran dan pemahaman orang tua terhadap manfaat pendidikan bagi masa depan anak. Pendidikan merupakan investasi terbesar untuk kemajuan masa depan anak khususnya dan masa depan bangsa Indonesia pada umumnya.

Tidak jarang para orang tua mengurangi anggaran kebutuhannya sendiri untuk membiayai pendidikan putra putrinya. Kebutuhan sekunder dan primer mereka kesampingkan asal anak dapat meneruskan pendidikan. Hal ini tak terkecuali pada keluarga menengah ke bawah. Ada semacam pepatah kuno yang mereka pakai: "Tak ada kayu jenjang dikeping". Artinya, apapun akan diusahakan asal anak bisa bersekolah. Kadang-kadang berhutang ke sana kemari, menjual atau menggadai harta benda. Uniknya, untuk keperluan anak sekolah sangatlah mudah untuk meminjam uang atau benda. Mengapa? Orang yang dijadikan tempat berhutang juga maklum akan pentingnya pendidikan.

Kesadaran dan pemahaman orang tua terhadap pentingnya pendidikan anak  kembali akan diuji. Tahun pelajaran baru 2012/2013 sudah diambang pintu. Akan ada anak mereka yang naik kelas dan butuh peralatan serba baru. Akan ada yang melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi. Jika orang tua mempunyai beberapa orang anak dimana sekian orang naik kelas, sekian orang mau melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Wah, kondisi ini lebih seru lagi. Orang tua akan pusing tujuh keliling. 

Kayaknya, tahun pelajaran baru identik dengan kesusahan orang tua terutama keluarga menengah ke bawah. Dalam hal ini, swara pendidikan tak mau mengatakan tahun pelajaran baru identik dengan uang. Mengapa? Pendidikan akan selalu membutuhkan uang, paling tidak biaya keperluan siswa sehari-hari. Sekolah gratis yang dicanangkan pemerintah memiliki batasan tertentu. Gratis, bukan gratis segalanya. Pakaian, perlengkapan belajar, uang jajan, transportasi, tak mungkin ditanggung pemerintah. Allahuallambissowaab...***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar